Gambar solar cell panel

Cara Pembuatan Solar Cell

Sudah banyak yang membahas mengenai apa itu panel solar cell atau sel surya. Lalu bagaimana dengan cara pembuatannya? Berikut ini adalah ulasannya.

Bahan pembuatan sel surya

Saat ini silikon merupakan bahan paling banyak ditemukan dalam pembuatan sel surya. Bahan ini banyak digunakan karena sangat mudah ditemukan di bumi. Selain paling mudah ditemukan bahan silikon merupakan bahan yang sangat cocok dalam sifat pembuatan sel surya. Pada dasarnya sel surya memiliki cara kerja yang mirip dengan transistor. Oleh karena itu bahan pembuatan sel surya ini diambil dari transistor yaitu silikon. Silikon adalah bahan yang memiliki sifat semi konduktor. Hal ini merupakan kelebihan yang dimilikinya.

Cara pembuatan sel surya

Sel surya merupakan sebuah sel yang dibangun dengan menggunakan 2 layer silikon yang diperlakukan dengan spesial untuk membiarkan listrik mengalir di dalamnya dengan cara yang khusus. Pada layer silikon bawah memiliki lebih sedikit elektron daripada layer yang ada di atasnya. Hal ini membuat layer silikon bagian bawah disebut dengan p-type yaitu silikon tipe positif. Sedangkan untuk bagian atasnya disebut dengan n-type atau silikon tipe negatif.

Ketika kita menempatkan silikon negatif dan juga silikon positif dalam sebuah layer, maka akan terbentuk sebuah barrier dengan kedua material tersebut. Dengan cara pembentukan solar cell ini, maka tidak akan ada elektron yang keluar dari barier sehingga kita dapat menghubungkan tumpukan silikon ini dengan senter.

Menghasilkan listrik dari sel surya

Pada saat penggabungan solar cell dengan senter, tentu bohlam lampu pada senter belum menghasilkan cahaya, akan tetapi jika tumpukan silikon tersebut disinari matahari, maka sesuatu hal yang menarik akan terjadi dimana senter dapat menyala karena adanya aliran energi atau elektron dari tumpukan silikon tersebut. Makin besar silikon yang di hubungkan dengan senter dan di panaskan dibawah sinar matahari, maka makin besar sinar lampu yang bisa dihasilkan. Hal ini disebabkan karena setiap sel surya hanya menghasilkan sedikit listrik. Oleh karena itu panel dengan gabungan solar cell akan dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *