enggunaan baja ringan terbaik

Genteng Baja Ringan Terbaik dari Bahan Galvalum Steel

Salah satu jenis bahan terbaik yang banyak digunakan dalam bangunan genteng baja ringan adalah bahan galvalum. Apa itu dan bagaimana sifatnya?

Mengenai atap galvalum

Salah satu atap yang dapat digunakan untuk membuat atap rumah adalah atap galvalum. Atap galvalum merupakan salah satu jenis genteng terbaik dari bahan baja ringan. Baja ringan sendiri ada 2 jenis yaitu jenis galvalum dan juga galvanis. Jenis atap galvalum memiliki kelebihan berupa daya tahannya yang tinggi terhadap korosi. Daya tahan tinggi terhadap korosi ini disebabkan karena cara pembuatan besi atap galvalum dengan pelapisan yang dimilikinya.

Cara pembuatan atap galvalum

Seperti yang disebutkan sebelumnya, atap galvalum merupakan jenis atap yang dibuat dengan cara pelapisan. Pelapisan dilakukan dengan menggunakan bahan alumunium. Jadi pantas saja jika atap galvalum ini lebih tahan terhadap korosi. Aluminium merupakan bahan yang sangat kuat terhadap pengkaratan. Sedangkan proses pembuatan atap galvalum ini dilakukan dengan hot dip dengan campuran aluminium sebanyak 55% sebagai bahannya. Dari persenan ini kita bisa tahu bahwa komponen utama dalam pelapisan ini memang bahan alumunium.

Selain kelebihan-kelebihan yang disebutkan sebelumnya, penggunaan atap galvalum untuk atap rangka baja ringan juga memiliki kelebihan lainnya. Kelebihan tersebut adalah dari segi fleksibilitas yang dimiliki oleh produk atap galvalum ini. Dengan penggunaan atap galvalum sebagai penutup, maka atap menjadi lebih lentur dan juga fleksibel. Tidak aneh jika jenis atap ini tidak hanya populer di indonesia tapi juga di luar negri.

Kelebihan dari atap galvalum

Kelebihan utama yang sudah kita sebut sejak tadi adalah kemampuan atap galvalum dalam menangkap korosi. Selain tehan terhadap korosi jenis atap galvalum ini juga memiliki massa yang ringan sehingga memiliki kelebihan dari segi pemasangan. Karena bahan ini memiliki bobot yang ringan, maka genteng lebih mudah dipasang. Karena lebih mudah dipasang, maka genteng baja ringan terbaik ini tidak membutuhkan banyak cost dalam pemasangannya.

Kelebihan lain lain yang dimiliki oleh produk atap galvalum ini adalah lama penggunaannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam pengujian produk atap galvalum ini, atap galvalum memiliki ketahanan terhadap korosi dalam waktu yang sangat lama. Dalam sebuah percobaan, atap galvalum di pasang bersamaan dengan atap galvanis. Dalam kurun waktu selama 20 tahun, atap galvalum masih memiliki bentuk yang prima, belum ada korosi dan memiliki lapisan yang masih apik jika dibandingkan dengan produk atap galvanis.

Kekurangan dari atap galvalum

Lalu bagaimana untuk kekurangannya? Untuk kekurangan dari atap galvalum ini bisa dilihat dari ketahanannya terhadap polusi yang disebabkan karena semen. Jika dihadapkan pada polusi yang dimiliki oleh semen atap baja dari bahan galvanis memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan atap galvalum. Tapi meski memiliki kekurangan ini penggunaan atap yang terbuat dari bahan atap galvalum tetap lebih menguntungkan dibandingkan dengan genteng baja ringan lainnya yaitu galvanis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *