Commercial Kitchen Equipment

Keberhasilan bisnis kuliner tak lepas dari pemilihan commercial cooking equipment yang tepat

Sebagian orang yang sudah lama bergelut di industri HORECA tentu tidak asing lagi dengan istilah commercial cooking equipment. Commercial cooking equipment adalah peralatan memasak yang digunakan di industri HORECA dengan skala komersial atau tingkat profesional. Alat-alat ini disebut komersial karena mampu meningkatkan efisiensi proses produksi di industri food service. Dengan menggunakan peralatan tersebut maka proses produksi komersial yang biasanya dituntut untuk memberikan service secara cepat dan berkualitas dapat dengan mudah terpenuhi. Kalangan profesional yang menggunakan peralatan ini biasanya bergerak di bidang perhotelan, restoran, dan katering. Dimana service dilakukan secara cepat dengan skala yang besar tanpa meninggalkan kualitas produk yang ditawarkan. Industri HORECA lekat kaitannya dengan 2, yaitu industri yang menjual jasa pelayanan sebagai produk utama yang dijual kepada customer nya.

Salah satu bisnis hospitality yang sedang banyak diminati pelaku bisnis seiring dengan tuntutan gaya hidup masyarakat saat ini adalah bisnis restoran. Jenis bisnis restoran sendiri bisa dikemas dalam bentuk yang bermacam-macam tergantung pada produk yang dijual oleh restoran tersebut. Ada restoran yang dikemas untuk menyasar kalangan muda, sehingga biasanya tempat makan di desain agar instagramable, dengan menu makan yang standar. Ada juga restoran yang didesain untuk menarik minat keluarga, sehingga ambient restoran dibuat senyaman mungkin dengan menu-menu makanan yang menarik dan tak kalah lezat, sehingga membuat waktu berkumpul bersama keluarga menjadi lebih berkualitas. Ada juga restoran yang didesain seromantis mungkin dengan tema fine dining untuk menarik minat orang-orang yang merencanakan momen manis bersama pasangannya. Namun tidak dapat dipungkiri jika kunci utama keberhasilan bisnis restoran tak lepas dari menu makanan atau minuman yang disajikan. Untuk itu menjadi penting agar pelaku bisnis memperhatikan peralatan memasak yang digunakan.

Peralatan memasak yang dipilih akan mempengaruhi seberapa efisien waktu produksi yang diperlukan untuk menghasilkan menu-menu yang ditawarkan, juga seberapa efisien biaya yang dikeluarkan oleh pelaku usaha serta seberapa konsisten menu makanan yang kita sajikan. Mengingat ketiga hal tersebut maka menjadi penting untuk menentukan commercial cooking equipment yang tepat. Beberapa orang menyepelekan pemilihan peralatan memasak mereka karena ingin menghemat biaya investasi, namun justru biaya operasional bisa membengkak saat bisnis mulai berjalan. Kenapa biaya operasional bisa membengkak? Karena banyak proses produksi yang harus dilakukan secara manual, seperti melakukan pengadukan terhadap adonan kue atau roti yang seharusnya sudah bisa digantikan dengan spiral mixer sehingga tenaga manusia yang ada bisa dialihkan ke pekerjaan lain yang memang belum bisa digantikan dengan peralatan memasak yang sudah otomatis. Memang manfaat dari pemilihan peralatan memasak yang lebih canggih baru dirasakan setelah usaha berjalan atau ketika ada order banyak, namun jika dibanding antara biaya operasional dengan biaya investasi yang sudah dikeluarkan, tentu seiring berkembangnya bisnis, pelaku usaha akan dengan bijak beralih ke commercial cooking equipment yang lebih memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *