Memilih seng spandek yang tepat langkah krusial

Kekurangan dari Atap Metal

Dalam membangun sebuah rumah, tentunya Anda juga harus memperhatikan segi bahan dan kualitas dari konstruksi bangunan yang akan Anda gunakan tentunya harus diimbangi dengan besarnya budget yang Anda miliki. Hal tersebut dirasa sangat penting, sebab untuk menjamin keamanan dan kenyamanan suatu tempat tinggal, rumah harus memiliki atap yang baik pula sebagai pelindung seisi rumah.

Saat ini, banyak orang yang membicarakan atap metal atau seng spandek dengan kualitas luar biasa. Atap metal yang satu ini memiliki beragam variasi yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda masing – masing. Setiap bahan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, termasuk dengan atap metal. Berikut ini beberapa kekurangan dari atap metal yang mungkin bisa Anda jadikan bahan pertimbangan nantinya :

  1. Rentan terhadap tekanan yang sangat kuat

Kekurangan yang pertama dari atap metal adalah ia tidak mampu menghadapi tekanan yang sangat kuat. Jika pada saat hujan yang sangat deras mengguyur, kemungkinan atap Anda bisa saja mengalami penyok. Namun, lagi – lagi semua tergantung dengan merk dan jenis bahan yang Anda gunakan serta pilihan logam yang digunakan untuk melapisi atap tersebut. Pilihlah lapisan logam yang memiliki sifat tahan akan tekanan, anti penyok, namun tetap lembut seperti aluminium atau tembaga.

  1. Interior terasa lebih panas

Hal ini mungkin menjadi salah satu permasalahan bagi mereka yang sudah merasakan kekurangan atau dampak dari atap metal. Atap metal atau seng spandek membuat suasana dalam rumah terasa lebih panas, gerah, dan juga sumpek. Penyebab utamanya adalah karena bahan yang digunakan adalah jenis logam atau metal, yang mana merupakan jenis konduktor (penghantar panas) yang baik sehingga panas yang dihasilkan oleh matahari akan terpantul dan diteruskan kembali hingga masuk ke dalam ruangan.

  1. Menimbulkan pencemaran bunyi atau bunyi bising

Pada saat proses pemasangan, permukaan pada genteng akan mudah penyok jika diinjak. Dan hal tersebut akan menimbulkan kebisingan jika terjadi kontak langsung dengan lapisan. Misalkan, pada saat turun hujan dengan frekuensi yang lebat maka akan menimbulkan kebisingan yang terjadi di permukaan atap. Namun, tenang saja hal ini sudah teratasi dengan baik seiring dengan inovasi yang ada. Karena beberapa produsen sudah melapisi permukaan atap dengan pasir atau batu alam. Fungsinya untuk meredam suara bising yang ada ketika turun hujan, dapat menahan panas matahari, tidak licin, dan adanya tekstur tertentu untuk mempercantik penampilan yang ada.

  1. Warna bisa mengelupas atau memudar

Kekurangan lain dari atap metal adalah warna yang ada dapat memudar atau mengelupas. Pastikan pada saat melakukan pemasangan tidak terjadi adanya goresan. Dan mintalah garansi segera.

Itu dia beberapa kekurangan yang dimiliki oleh atap metal atau seng spandek. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih seng spandek yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *